Penyidikan harta benda di ibukota

Standar

image

Setelah 7 (tujuh) bulan melaksanakan tugas sebagai penyidik di subdit harda direktorat kriminal umum polda metro jaya ,sudah lama ni ga ngisi blog . Ibu kota jakarta dengan permasalahan yang kompleks mengakibatkan permasalahan mengenai kejahatan harta benda yang sama. Subdit harta benda ( harda )sekarang sejak bulan februari  sesuai dengan peraturan kapolri mengenai tata cara kerja oranisasi polri yang sebelumnya sebutannya adalah satuan II Harta dan bangunan tanah(hardabangtah).
Subdit harda dipimpin oleh seorang Kasubdit yang berpangkat AKBP yang syaratnya sudah Sespimpamen. Dibawah kasubdit ada 5(lima ) orang kanit yang berpangkat komisaris polisi  yang masing-masing unit mempunyai  10 orang penyidik atau penyidik pembantu yang dipimpin seorang kepala kelompok penyidik (kapokdik) dalam struktur jabatan sebutannya panit yang berpangkat akp.Spesialisasi atau fokus tugas penyidikan subdit harda yaitu tindak pidana mengenai harta benda yaitu: pasal 167 kuhp(penyerobotan tanah ), 263 kuhp (pembuatan atau penggunaan surat palsu atau surat yg isinya diduga palsu .266 kuhp (memasukan keterangan palsu ke dalam akta otentik).372 kuhp(penggelapan ).378 kuhp(penipuan).385 kuhp (perampasan hak-hak  atas tanah milik org lain).406(pengrusakan ).melihat fokus kasus perkara atau spesialisasi kejahatan harta benda fokus ,penjahat (tersangka) yg kita hadapi adalah penjahat berdasi karena bukan penjahat jalanan yang bahasa kerennya adalah white collar crime,sehingga teknik dan strategi menghadapinya juga penyidik mempunyai kemampuan dan pengetahuan yg lebih karena kasus harta benda berkaitan dengan ranah perkara perdata karena berkaitan juga dengan perjanjian 3020 kuhperdata.
Kasus harta benda banyak berkaitan dengan hak yang sedang berjalan prosenya di pengadilan perdata ,sehingga penyidik harda harus jeli dalam menganalisa anatomi kasus yang ditanganinya.apa kasusnya,objek perkaranya,alat buktinya sampai dengan penanganannya berkas perkara sampai ke kejaksaan.Penyidik subdit harda juga dipercaya sebagai konsultan atau filter dalam penerimaan laporan polisi di sentra pelayanan kepolisian polda metro jaya karena sudah biasa menangani kasus yang sulit sehingga dengan analisanya bisa mengetahui apa yang dilaporkan oleh masyarakat yang disertai juga alat bukti apa yg harus disertai untuk membuat laporan polisi sehingga penyidik bisa mengeluarkan rekomendasi untuk dibuatkan laporan polisi.
Polda metro jaya dengan kompleksnya permasalahan di ibukota menyebabkan tingginya juga jumlah  laporan polisi yang dilaporkan ke polda yang diterima oleh spk polda satu hari spk polda metro jaya bisa menerima antara 12(dua belas) laporan polisi sampai dengan 30 (tiga puluh) laporan polisi. Tingginya crime total (jumlah laporan polisi)juga menuntut tingginya crime clearance(penyelesaian perkara) terhadap penyidik polda metro dari tingkat polda sampai dengan polsek karena masyarakat di jaman sekarang sangat menuntut (kritis ) mengenail keterbukaan informasi dan profesionalisme penyidik polri melalui komunikasi formal surat pemberitahuan perkembangan hasil penyidikan atau melalui website  (sp2hp) dan komunikasi informal(dengan konsultasi atau komunikasi melalui handphone.
Profesionalisme penyidik polda metro selain mengenai menghadapi perkara juga dilatih mengenai manajemen komplain karena tidak semua masyarakat bisa menerima penjelasan dari penyidik karena bila tidak mempunyai kemampuan dalam menangani keluhan dari masyarakat penyidik bisa mengalami stress sampai sakit khususnya penyidik subdit harda yang paling tinggi menerima keluhan atau komplain dari masyarakat mengenai perkara yang ditanganinya alasan pertama keluhan dari masyarakat karena lambatnya atau lamanya penanganan perkara yang disebabkan saksi yang diperlukan dari instansi lain. Saksi yang biasanya berkaitan dengan penyidikan subdit harda adalah saksi dari bpn (badan pertanahan nasional),notaris .imigrasi. Ppat,lurah ,camat ,sampai dengan bapepam yang mengurus tentang saham sehingga saksi yg diperlukan dari instansi mempunyai prosedur tersendiri inj masyarakat perlu mngetahui. Kami menyadari penyidik polri belum sempurna akan tetapi yakinlah kami tetap berusaha untuk memperbaiki diri untuk pelayanan prima terhadap masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s