malam terakhir calon taruna 2010

Standar

Sebanyak 410 calon taruna  2010 yang masih menjalani tahap ke dua untuk menjadi anggota polri melalui Akpol akan diumumkan besok pagi   .malam ini adalah malam terakhir bagi seluruh calon taruna 2010 AKPOL, rencananya yang akan dipulangkan  adalah sebanyak 110 calon tarun karena kuota yang diterima untuk tahun 2010 sebanyak 300 taruna AKPOL .Mereka yang lulus tahun ini  akan mengikuti pendidikan sebagai Taruna selama 4 tahun dan lulus menyandang gelar Sarjana ilmu kepolisian . Informasi dari DE SDM Mabes Polri besok pagi  akan diumumkan  dalam  sidang penetapan kelulusan tahap terakhir   di Auditorium Cendrawasih, Graha Cendekia, Akpol Semarang, Rabu (19/8).

Mengenang saat penulis menjadi catar 1999  wearving (seleksi penerimaan) di AKMIL magelang , suasana tegang akan dialami seluruh catar ,saat menunggu nomor  test  yang dipanggil oleh panitia penerimaan “ada perasaan apakah  no test saya lulus atau dipulangkan  ?’ . Para catar yang lulus maupun gagal akan  menangis gembira atau menangis sedih . Rencana nya besok pengumuman akan dihadiri oleh seluruh Pejabat teras Mabes Polri  . Sidang itu dilakukan secara terbuka dengan dihadiri pejabat  mabes Polri dan akpol, calon taruna serta orang tua catar,LSM . Tahap terakhir seleksi  terdiri atas tes renang ,kesamaptaan jasmani ,akademis ,psikologi  dan postur tubuh dan pemeriksaan kesehatan tahap 2. Penetapan kelulusan berdasar nilai seluruh test  yang  dilakukan dengan prinsip bersih, transparan, akuntabel dan humanis sesuai standar ISO .

Deputi Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Irjen Pol Drs Edy Sunarno mengatakan, jumlah peserta yang mendaftar masuk Polri dari berbagai wilayah di Indonesia mencapai 23.329 orang. Mereka terdiri atas putra 21.163 dan putri 2.166. Dari jumlah itu yang lolos seleksi dan berhak mengikuti seleksi tingkat pusat hanya 450 orang yang terdiri atas 378 putra dan 72 putri. “Nantinya akan diseleksi lagi hanya tinggal 300 orang putra dan putri sesuai kebutuhan yakni 250 putra dan 50 putri. Bagi yang gagal kami kembalikan ke daerah masing-masing,”

Bagi Calon Taruna yang lulus langsung mengikuti pendidikan Pendidikan Dasar Kebhayangkaraan (DIKDAS BHARA)  selama 3,5 bulan yang dibuka pada tanggal 20 agustus oleh Wakapolri .Catar yang lulus adalah angkatan ke 45 atau sebutannya detasemen 45 AKPOL .bagi yang dipulangkan akan mengalami rasa kecewa tetapi diupayakan harus mencoba lagi bila masih berminat sedangkan yang sudah lulus harus mempersiapkan fisik dan mental, karena akan menjalani proses belajar dan berlatih yang tidak ringan karena memerlukan ketahanan fisik dan mental yang prima.Menjadi seorang taruna  AKPOL diperlukan ketahanan mental dan mempunyai daya kecerdasan yang cukup sehingga proses belajar dan berlatih bisa diikuti dengan baik.Taruna AKPOL  pada umumnya berumur antara 18-22 tahun yang tergolong masih usia remaja ,Pendidikan Taruna di AKPOL merupakan pembentukan jati diri dari fase persiapan dari remaja untuk melangkah ke usia dewasa   sebagai perwira polisi.Pendidikan Di AKPOL lebih bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang fungsi teknis Kepolisian serta Ilmu yang berkaitan dengan tugas Polri seperti Ilmu sosial ,Psikologi,Hukum dan beberapa ilmu lainnya ,pengajarnya  adalah dosen dari dalam dan luar AKPOL Disamping dibekali ilmu pengetahuan taruna dibekali dengan pembentukan jati diri sikap dan perilaku sebagai calon perwira Polri oleh pengasuh dan seniornya karena Taruna AKPOl disiapkan untuk menghadapi dan melaksanakan tugas sebagai perwira Polri sebagai pelindung ,pengayom dan pelayan masyarakat .Apapun hasil yang akan diumumkan  besok lulus atau dipulangkan, Jangan disesali  karena tak seorangpun tidak tau apa yang akan terjadi ,biarkan saja mengalir kalau dipulangkan janganlah cepat menyerah teruslah semangat dalam menjalani kehidupan ini .,dan buang jauh rasa takut akan kegagalan karena itu adalah awal dari keberhasilan .Selama kita mau merenungi ,berusaha dan mensyukuri setiap yang terjadi dalam hidup ini maka percayalah kita pasti akan meraih kebahagiaan serta indahnya kehidupan.

17 thoughts on “malam terakhir calon taruna 2010

    • Dwiasi Wiyatputera

      informasi darimana mba???kalau hanya dengan asumsi atau dari gosip tentang pendaftaan akpol habis jutaan rupiah tidak pakai fakta atau data jadinya debat kusir mba. Sesuai dengan pengalaman saya daftar Akpol habisnya untuk bensin naik motor saat mau tes ,untuk legalisir fotocopy berkas,jajan saat menunggu pengumuman setelah itu saat masuk semuanya ditanggung oleh dinas dari ujung kaki sampai ujung rambut seperti sepatu dinas,kaos kaki pakaian dalam ,pakaian dinas ,penutup kepala.Saat lulus menjadi perwira sudah mendapat gaji untuk kebutuhan hidup

      • asep kurnia

        malam abang2 taruna…
        saya mau tanyam apakah test akademis yg harus di persiapkan sehubungan saya lulus sma tahun 2009, terimakasih

  1. catar akpol 2011

    bang .
    SAYA SANGAT INGIN MASUK AKPOL.
    BANG TOLONG BERIKAN SAYA KISI-KISI SOAL PISIKOTES MAUPUN AKADEMIK>>>
    TOLONG BANG>>>>

    • Dwiasi Wiyatputera

      Kisi 2 mengenai psikotes ga ada dek ,semua jenis psikotes sama bisa dicari bahannya di gramedia atau toko buku lainnya,selamat berlatih dan berusaha ya

  2. mario

    malam saya ingin bertanya tentang pendaftaran taruna akpol tahun 2011 bagaimana dan kapan? serta tempat tes dan pendaftran serta persyaratannya..terimakasih..

  3. Gilang Maulana

    pagi om..
    saya ingin sekali masuk AKPOL,tapi saya takut ada kekerasan seperti di STPDN..
    saya mau nanya,apakah AKPOL ada kekerasan seperti di STPDN?

    • den

      Kalau takut jangan masuk ke akpol,apapun “gemblengan”nya membuat mental kita menjadi mental baja seorang perwira. Kalau sudah niat,tidak mungkin masih takut2,berarti anda belum sepenuhnya niat dari hati.

  4. Asep Haerul Baridin,S.Sos

    salam sejahtera🙂 pak saya Asep Haerul Baridin,S.Sos… saya mau tanya kalau dari Sarjana bisa masuk akpol gak? saya baru wisuda tahun ini. trimakasih.

    • Dwiasi Wiyatputera

      saat saya menjadi pengasuh 2008-2009 bisa menerima sarjana tetapi sekarang sejak 2010 sudah tidak menerima lagi dari sumber sarjana .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s