Provokasi lewat video polisi tabrak lari

Standar

Tanggal   26/07/2010 20:24 WIB ada  Video Polisi Tabrak Pria yang Ramai di Twitter, Peristiwa 2008 melalui kaskus atau twitter lalu ada broadcast message tentang tabrak lari .Video yang diambil melalu ponsel itu berdurasi singkat, hanya 15 detik. Sebuah mobil patroli polisi bernomor 3024 menabrak pemuda yang merupakan mahasiswa berjaket almamater biru sampai terpental tiga meter.dengan menggunakan mobil carens disamping jalan tol .Banyak teman saya menanyakan apa betul mobil patroli polisi  tega untuk menabrak lari seorang pengguna jalan??.Begitu banyaknya berita tentang polisi dari yang negatif sampai dengan positif di media massa tetapi yang paling menarik adalah berita tentang perbuatan yang negatif  dari organisasi Polri seperti rekening gendut ,kekerasan oknum anggota Polri terhadap tersangka dan masih banyak lagi contohnya seperti video tabrak lari ini .Inilah kejadian sebenarnya ..yang perlu diketahui masyarakat  supaya  kita tidak bisa asal percaya video dan berita sebelum menelitinya seperti dari seorang ahli IT yang sudah mempunyai sertifikat internasional sama seperti seorang penyidik  mabes Polri dalam memeriksa gambar atau video kasus pornografi ariel ,penyidik harus membuktikan secara ilmiah tidak asal menuduh tanpa bukti serta keterangan dari para ahli IT dan dokter yang membuktikan tentang postur badan.Inilah kronologis yang sebenarnya tentang video yang dishare melalui FB ,kaskus ,twitter  tentang mobil patroli Polisi Kia carens dengan nomor 3024 yang menabrak seorang pengguna jalan yang kejadian sebenarnya sekitar Bulan januari tahun 2007  ketika demo kenaikan harga BBM di sekitar jalan tol semanggi  ,kejadian awal video dipotong mengapa pengguna jalan tersebut ditabrak kejadian awal adalh orang yang ditabrak mau melempar bom molotov dan membawa kayu  ke mobil patroli polisi kia carens , sehingga petugas yang menyetir mobil patroli mengambil keputusan  untuk  membela diri dengan  cara menabrak pelaku yang akan melempat bom molotov ,kejadian ini juga sudah diselidiki oleh  komnas HAM dan Kompolnas dari hasil investigasi Komnas HAM  dan KOMPOLNAS menyatakan tindakan tersebut masuk dalam upaya hukum  overmarcht artinya  Hal Memaksa
Pasal 48 : “tidaklah dihukum seorang yang melakukan perbuatan, yang didorong hal memaksa”.
Jadi apabila seseorang melakukan tindak kejahatan dalam keadaan terpaksa, maka dia tidak dihukum. Paksaan ini adakalanya bersifat fisik (vis absoluta) dan ada yang bersifat psikis (Vis Compulsiva). Yang dimaksud dalam pasal 48 KUHP adalah paksaan yang bersifat psikis, bukan fisik.
Vis compulsive terbagi menjadi 2 macam :
a. Daya paksa dalam arti sempit (overmacht in enge zin)
b. Keadaan darurat (noodtoestand), antara lain : orang terjepit antara dua kepentingan, orang terjepit antara kepentingan & kewajiban.
c. Ada konflik antara dua kewajiban ,dibenarkan oleh hukum  dengan  alasan membela diri karena tidak ada pilihan . Saat itu pada hari yang  hari yg sama pendemo sektor semanggi membakar Avanza plat merah (didepan atmajaya) dan merusak Jeep Lantas (di semanggi), dan untuk diketahui masyarakat saat ini Polsek -polsek di Polda Metro sudah  tidak menggunakan Mobil Carens sejak setahun lalu, sementara kode 3024 pada  kaca Carens menandakan itu mobil Carens adalah mobil patroli Polsek Metro Tanah Abang jajaran Jakarta barat. Sekarang dengan derasnya arus informasi yang menggunakan sarana IT lebih bijak bila memahami bila melihat seluruh berita dan dicek kebenarannya secara ilmiah atau istilah nya Hoax atau provokasi yang bisa mengganggu ketentraman dan timbulnya ketidakpercayaan terhadap Polri atau pemerintahan” ….hati-hati kawan, mungkin ada yang coba membuat keruh suasana, MARI TOLAK PROVOKATOR lewat IT!!!

80 thoughts on “Provokasi lewat video polisi tabrak lari

  1. Bro Asi , tetap konsisten menulis blog yaa… seperti blog ku yang sudah berusia 4 tahun, dan sampai detik ini masih tetap updated…. salam dari bro mu …

    • Dwiasi Wiyatputera

      siap bang ijin abang inspirasi saya …semoga sukses selalu bang .GBU dan mohon arahan dan bimbingannya

  2. PRABOWO SUDARTO

    Kemajuan zaman dan teknologi seringkali diikuti dengan perkembangan berbagai jenis kejahatan.
    Salah satunya adalah Hoax atau provokasi yang bisa mengganggu ketentraman dan timbulnya ketidakpercayaan masyarakat terhadap Polri atau pemerintahan.
    Sungguh aneh sekali ada orang-orang tertentu yang tidak ingin masyarakat indonesia hidup tentram.
    Sabar Polri ada pepatah yang mengatakan semakin tinggi pohon semakin deras angin yang mengguncang, itulah gambaran bahwa Polri merupakan salah satu instansi yang besar sehingga wajar ada pihak-pihak tertentu yang tidak ingin Polri berkembang dan dipercaya oleh masyarakat.
    Semoga saja masyarakat lebih jeli dalam menafsirkan suatu berita tentang apapun, baik itu tentang Polri maupun yang lain dan tidak hanya langsung “menelan” mentah-mentah informasi yang ada di media baik media cetak maupun elektronik.
    Hidup Polri.

  3. maryadi

    dunia maya memang sangat sensitif, hanyalah orang yang bijak yang dapat menanggapi segala sesuatu dengan ilmu dan berbicara dengan berfikir sebelumnya. namun tidaklah semua orang akan berfikiran sama ketika dihadapi dengan masalah seperti provokator yang tersebut diatas, apalagi yang menjadi sasaran dari yang memprovokatori adalah sebuah organisasi yang saat ini citra dan karakternya terjatuh. ketika disatu sisi sebagian orang atau bahkan hampir seluruhnya mencemooh organisasi itu, maka dalam segala bentuk kekompakan organisasi ini, marilah terus untuk maju membangkitkan keterpurukan dalam segala hal. selain ilmu-ilmu yang terus dituntut dalam proses untuk membuat organisasi ini menjadi semakin kuat dan profesional, adapun ilmu sosial yang terlupakan , sebuah ilmu yang jarang dimiliki oleh setiap orang, karena sisi kearoganan yang tanpa sadar lebih dominan dari yang lain dan yang seharusnya berjalan berbarengan dengan ilmu2 yang lain.dari kesosialan inilah yang nantinya akan menjadi cerminan buat organisasi ini,masyarakat pada pandangan pertama tidaklah menilai polisi dari ilmu apa yang dimiliki, tapi bagaimana polisi dapat melayani masyarakat dengan humanis dan dapat komunikatif dengan baik, tak perlu dengan kearoganan , karena tanpa itu duniapun tau bahwa kita adalah hukum yang berjalan. hidup polisi indonesia,

  4. HENDRA SUMALA.S.

    dalam perkembangan dunia maya/komputer sekarang ini bisa saja film atau video yang dibuat orang yang tidak bertanggung jawab direkayasa secara tidak jelas/tidak dengan aslinya/kenyataannya,banyak masyarakat didalam kota atau daerah yang kuarang tau tentang teknologi komputer dan internet,yang mana setiap kali berita yang ada didunia internet yang bisa meresahkan dunia dengan begitu mudah bisa ditelan mentah2 tanpa ada konfirmasi yang benar dari pihak yang berkompeten/yang mengerti dibidangnya untuk menjelaskan tentang berita yang ada diinternet yang bisa memprovokasikan kepada masyarakat yang terbelakang pendidikannya atau yang kurang mengerti tentang internet,seperti kasus video tabrak lari yang dilakukan oleh aparat kepolisian bidang patroli yang menabrak mahasiswa,yang durasi waktunya sangat sedikit,yang menimbulkan tayangan yang begitu cepat dan tidak ada kelanjutannya,sehingga meyakinkan bahwa video tersebut polisi melakukan hal yang tidak benar atau merusak sedikit citra polisi yang semakin memburuk dimata masyarakat,seharusnya apa yang ditayangakan yang ada divideo tersebut harus ditanggapi dengan cepat supaya tanggapan masyarakat tidak berlarut-larut dengan ketidak pastian dan menyelidiki siapa yang menampilkan video tersebut untuk ditanyakan kebenarannya. dan diprose secara profesional dan tepat..HIDUP POLRI.

  5. rizki_satL

    Jika melihat video yang ditampilkan, maka sesaat kita akan yakin bahwa tindakan polisi itu sangat kejam dan tidak manusiawi. mata orang awan akan berujar seperti itu. hal ini akan menimbulkan persepsi yang buruk akan citra dan karakter polisi. ini mungkin dihembuskan oleh orang-orang yang tak senang dengan aparat kita, mereka memanfaatkan momen bahwa polisi sedang di sorot atas kasus markus nya. ini membuat posisi polisi makin terjepit dan terus dihujat oleh masyarakat yang tak tahu menahu akan cerita sebenarnya dari video tersebut. hasil dari analisa pakar IT roy suryo, video tersebut tidak utuh lagi karena telah terjadi beberapa editan. Ini merupakan suatu rekayasa substansi dan beberapa gambar sudah berubah. untuk itu kita sebagai orang yang tak paham akan IT, hendaknya tidak secepat kilat menilai sesuatu hal yang belum tentu kebenarannya. kita harus meneliti dan menunggu orang yang ahli dibidangnya yang berkompeten menilai. apalagi dunia maya merupakan dunia fantasi yang bisa di kreasi sedemikian rupa. untuk itu kita harus berhati-hati menilai dan berkomentar, jangan sampai menjadi bumerang di kemudian hari. hati-hati, kawan satu keliatan, tapi musuh seribu tak terlihat. MARI TOLAK PROVOKATOR lewat IT!!!

  6. Yoppy Anggi Krisna

    mohon ijin pak.saya setuju dengan kalimat terakhir “MARI TOLAK PROVOKATOR LEWAT IT”.
    dari segi IT yang mengganjal adalah kejadian awal yang dipotong saat sebelum melempar bom molotov. dari segi hukum adanya overmarcht (hal memaksa). tetapi yang berkembang dimasyarakat Indonesia kebanyakan mereka langsung secara otomatis memvonis bahwa hal tersebut adalah aib dari kepolisian indonesia tanpa adanya analisa lebih lanjut. hal ini karena tingkat pendidikan masyarakat masih rendah. oleh karena itu solusinya adalah penanganan secara cepat video tersebut dan dijelaskan pula kepada masyarakat baik melalui media internet, tv atau media cetak.saya pikir polisi selalu dianggap biasa jika melakukan kebaikan, tetapi selalu heboh jika melakukan kejelekan.tetapi akhirnya polisi jg akan terbiasa menerima hinaan, dan semoga hal tersebut menjadi motivasi dan instropeksi untuk menjadi yang jauh lebih baik.amin

  7. Yoppy Anggi Krisna

    mohon ijin pak.saya setuju dengan kalimat terakhir “MARI TOLAK PROVOKATOR LEWAT IT”.
    dari segi IT yang mengganjal adalah kejadian awal yang dipotong saat sebelum melempar bom molotov. dari segi hukum adanya overmarcht (hal memaksa). tetapi yang berkembang dimasyarakat Indonesia kebanyakan mereka langsung secara otomatis memvonis bahwa hal tersebut adalah aib dari kepolisian indonesia tanpa adanya analisa lebih lanjut. hal ini karena tingkat pendidikan masyarakat masih rendah. oleh karena itu solusinya adalah penanganan secara cepat video tersebut dan dijelaskan pula kepada masyarakat baik melalui media internet, tv atau media cetak.saya pikir polisi selalu dianggap biasa jika melakukan kebaikan, tetapi selalu heboh jika melakukan kejelekan.tetapi akhirnya polisi jg akan terbiasa menerima hinaan, dan semoga hal tersebut menjadi motivasi dan instropeksi untuk menjadi yang jauh lebih baik.amin…

  8. feby dwinata Rs

    Institusi polri memang sedang di “goyang” apakah karna kapolri sudah mendekati masa akhir tugas atau memang polri memang seperti yang digambarkan..ada baik nya insan bhayangkara lebih mawas diri,lebih peka, dan meningkatkatkan kapabilitas kerja hingga pada akhirnya kita kembalikan ke masyarakat yang menilai, karna polri adalah pelayan masyarakat.semua tergantung kita, apa yang kita bisa lakukan , kita curahkan untuk polri must be the best.hidup polri..

  9. Wisnugroho Tri Hartanto

    Mohon ijin pak. Saya sangat setuju dengan kalimat bapak yang menyatakan “MARI TOLAK PROVOKATOR LEWAT IT” karena dengan segala kemajuan dan kecanggihan teknologinya, seseorang dapat menggunakan IT untuk merekayasa dan melakukan kegiatan yang bertujuan untuk merugikan orang lain atau institusi demi kepentingannya. Hal ini terjadi dalam kasus video polisi tabrak pria yang diedarkan di Twitter, padahal belum tentu video tersebut benar. Kenyataannya setelah dicek dan dianalisa oleh ahli IT dikarenakan hal yang mencurigakan yaituvideo tersebut dipotong adalah orang yang ditabrak mau melempar bom molotov dan membawa kayu ke mobil patroli polisi kia carens , sehingga petugas yang menyetir mobil patroli mengambil keputusan untuk membela diri dengan cara menabrak pelaku yang akan melempat bom molotov ,kejadian ini juga sudah diselidiki oleh komnas HAM dan Kompolnas. Dari hasil investigasi Komnas HAM dan KOMPOLNAS menyatakan tindakan tersebut masuk dalam upaya hukum overmarcht artinya hal memaksa. Akan tetapi tanggapan masyarakat terhadap citra Polsri langsung berubah negatif. Hal ini diakibatkan rendahnya tingkat pendidikan dan pemahaman sebagian besar masyarakat kita. Oleh karena itu dengan banyaknya kritikan dan tanggapan negatif dari masyarakat, bisa menjadi motivasi dan penambah semangat bagi Polri dalam melaksanakan segala tugas-tugas pokoknya untuk melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Jayalah terus polisi Indonesia.

  10. Tahir Muhiddin

    Selamat sore pak,mohon ijin mengomentari tulisan Bapak.
    secara umum manusia selalu berpikir sesuai dengan apa yang tampak di depan mata mereka saja, mereka tidak pernah berpikir apa sebenarnya latar belakang penyebab suatu kejadian, seperti halnya kejadian tersebut, masyarakat hanya menilai bahwa Polisi itu kejam dan sadis karena telah tega melakukan perbuatan yang tidak sepantasnya dilakukan seorang aparat yang notabenenya sebagai lin yom yan masyarakat,dengan kejadian tersebut akan semakin menambah daftar panjang caci makian terhadap kepolisian kita, tapi saya berharap tulisan Bapak tersebut tidak hanya dimuat di internet tapi boleh dipublikasikan di media massa agar mata masyarakat terbuka dan pemikiran negatif mereka bisa terhapuskan, seandainya masyarakat tahu akan kejadian sebenarnya saya rasa masyarakat akan kagum dengan tindakan yang diambil oleh oknum polisi tersebut karena tindakannya semata-mata hanya untuk menyelamatkan orang banyak sebab apabila polisi tidak bertindak cepat maka bom yang dibawa oleh orang tersebut bukan hanya melukai aparat tapi boleh jadi melukai masyarakat sekitarnya. diluar hal tersebut sudah menjadi resiko kerja seorang polisi yang apabila mereka berbuat baik maka dianggap hal yang wajar tapi apabila berbuat salah maka dianggap “bodoh” dalam melaksanakan tugas. tapi bagi saya pribadi ini merupakan tantangan tersendiri buat karir saya ke depan, saya akan berusaha berbuat terbaik dalam pelaksanaan tugas agar pemikiran negatif terhadap Polri semakin hari semakin membaik, meskipun berat tapi paling tidak kita harus memiliki ikhtiar dan niat terlebih dahulu untuk melakukan perubahan,sebab kita ketahui bersama stigma negatif masyarakat terhadap Polri sudah sangat berkarat. saya pun berharap semoga para Paja akpol dan seluruh anggota Polri umumnya nantinya dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik sehingga masyarakat dapat tersenyum lebar dengan kinerja Polri. Amin

  11. bst deddy nuary

    polri harus tetap maju apapun berita negatif yang muncul untuk menghilangkan kepercayaan masyarakat. Polri adalah insan Bhayangkara yang lahir dari masyarakat untuk menjadi suatu sosok pelindung pengayom dan pelayan masyarakat. mungkin pada saat ini sebagian besar masyarakat indonesia lupa atau bahkan tidak memahami bahwa polri adalah bagian dari mereka. insan polri adalah prajurit bhayangkara yang selalu siap sedia menegakkan kebenaran. “keep fighting till the end”

  12. adhika.GW

    polisi……..bagi masyarakat hal yang lumrah dan wajar bila dapat menunjukkan kinerja yang baik karena tugas dan tanggung jawabnya dan sedikit ada kesalahan entah itu rekayasa dari pihak yang tidak suka dengan polisi atau tidak langsung menjadi pembicaraan hangat di media cetak maupun elektronik.. tantangan buat polisi melihat keadaan seperti itu dan polisi harus terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan negara

  13. riki arinanda

    riki arinanda brigadir satu taruna izin memberikan pendapat komandan
    beda masyarakat umum dengan masyarakat akademis hanya satu, adalah dari cara pandang dan ber ekpresi, masyarakat umum cendrung melihat dan berkomentar apa yang dia lihat seketikaitu,sedangkan masyarakat yang akademisi pasti melihat dari apa yang terjadi dari suatu aakal sehat dan jauh kedepan sebab dan akibat yang terjadi

  14. hefrizon

    Dalam seni pengambilan gambar ataupun video bisa dibuat dari berbagai angel… dan untuk menilai hasilnya juga bisa di nilai dari berbagai angel tersebut… tergantung dari angel mana user memandangnya.. jika dilihat dari sisi masyarakat yang sebelumnya sudah me.. “CAP” polisi jelek pasti perbuatan polisi tersbut tetap salah.. tapi dari masyarakat yang sudah manilai citra polisi baik pasti juga akan mengerti apa akan maksud dari perbuatan polisi tersebut. yang pasti polisi tidak akan berbuat sesuatu yang tidak punya dasar dan tidak dapat di pertanggung jawabkan.. maju tersu polisi indonesia…..

  15. Riko Syafutra

    Selamat sore Pak, mohon ijin mengomentari tulisan Bapak..
    Dengan banyaknya upaya untuk menjatuhkan citra Polri di mata mayarakat salah satunya melalui teknologi informasi yang semuanya itu dengan mudah dapat direkayasa menggunakan perangkat lunak komputer harus segera ditanggapi sebagai masukan bagi insitusi ini untuk lebih berhati-hati lagi dalam menyikapi situasi yang terjadi.

  16. febriandy

    Dengan banyaknya skeptis buruk tentang polri ,maka dari hal tersebut polri bisa berbenah diri…
    karena saya lihat dari berbagai instansi publik yg ada dinegeri ini ,hanya polri yang mau untuk menerima kelemahannya tersebut dan disisi lain polri menanggapinya dengan merespon semua hal tersebut kearah positif dan beruaha terus merubah skeptis buruk tentang polri tersebut…

  17. tripz

    menanggapi tulisan bapak, sebenarnya melihat semua peristiwa yang melibatkan nama POLRI sangatlah memprihatinkan, banyak pihak yang memojokkan polisi, seakan-akan bahwa polisi adalah pihak yang harus selalu bertanggung jawab terhadap setiap kejadian yang ada di tanah air. seperti halnya kasus ini, karena ada maksud dari seseorang untuk menjatuhkan citra POLRI dimata masyarakat, hal yang seharusnya sudah benar sesuai prosedur tetapi karena dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, sehingga menjadi sesuatu hal yang salah dilakukan oleh polisi. Sudah saatnya sekarang ini POLRI lebih terbuka terhadap masyarakat, apabila ada kebenaran dan harus di sampaikan kepada masyarakat maka harus disampaikan dengan sedetail-detailnya, tidak perlu ditutup-tutupi. Mudah-mudahan POLRI kedepan semakin Baik dan Jaya.

  18. Rahmat Syah

    Provokasi memang media yang sangat cepat untuk menyebarkan suasana yang tidak baik kepada khalayak ramai untuk kepentingan segelintir orang yang tidak menyukai Lemabaga Polri yang sedang disorot oleh masyarakat..baik dari media Cetak dan Elektronik …..Karena lembaga kita tercinta ini sedang menuju perubahan dan mendapat perhatian dari pemerintah..semoga pimpinan kita dapat mengatasinya dengan Profesional…..Kami yang berada dibawah akan selalu siap mendukung dengan meyumbangkan tenaga dan kemampuan Sebagai Insan Polri yang berlandaskan Tri Brata dan Catur Prasetya…..

  19. yudsi

    tingkat pendidikan yang rendah di Indonesia merupakan sebab masyarakat ini mudah untuk di bohongi, terlebih lagi dalam dunia maya. apa yang seharusnya dilakukan oleh pihak kepolisian yaitu memberi penjelasan kepada masyarakat diseluruh indonesia melalui berbagai media, syukur-syukur kita menjelaskan dengan detail proses video tersebut. apabila kita menjelaskan dengan sepotong-potong maka akan muncul persepsi lagi di masyarakat. citra kita sekarang emang buruk tapi yakin dan percaya bila kita melakukan pekerjaan ini dengan tulus dan ikhlas kita pasti akan dapat hasil yang kita inginkan.

  20. priyatno rs

    mohon izin memberi komentar pak,,
    pada saat ini dengan semakin canggihnya media komunikasi internet dan banyak orang – orang yang tidak bertanggung jawab menyalahgunakan media komunikasi internet tersebut untuk menjatuhkan citra polri di masyarakat…
    maka seharusnya polri selalu waspada dan tanggap terhadap kejadian kejadian seperti itu dengan selalu mengadakan pendekatan terhadap masyarkat dan memberikan pengertian – pengertian serta arahan yang bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap polri,,
    Taruna sebagai calon Firsline Supervisor dari saat ini harus mulai meningkatkan kemampuannya dibidang teknologi dan kemampuan bermasyarakat dengan tidak apaties sesama teman…
    semoga dengan begitu pada saat dilantik sebagai Perwira Polri nanti Taruna sanggup bermasyarakat dan meningkatkan citra polri di mata masyarakat…
    Mohon izin pak bagaimana kalau tulisan bapak sesekali di muat di Koran sehingga bisa di baca oleh masyarakat luas sehingga bisa menunjukan jalan yang benar bagi masyarakat yang tersesat.. aaamin

  21. Bagus Nugraha

    Provokasi untuk menjelek2an Polri, sekarang ini kian marak, dan saya yakin ini perbuatan dari pihak – pihak yang iri dengan wewenang polri yang besar, tapi mereka tidak tahu bahwa wewenang polri yang begitu besar memang diperlukan, dan saya rasa padahal tindakan yang dilakukan oleh polisi di dalam video itu juga harus dilihat dari polisi juga tetaplah manusia biasa walaupun dibekali oleh wewenang yang begitu besar, sehingga akan juga dapat berbuat hal yang memang biasa dilakukan oleh orang lain, yaitu melakukan pembelaan diri, sayang nya masyarakat indonesia saat ini matanya telah ditutupi oleh citra buruk polisi, dan mereka tidak sadar bahwa ada pihak2 yang ingin mengadu domba polisi dengan masyarakat untuk kepentingan mereka

  22. BAKRI RUDIANSYAH

    Penipuan yang terjadi lewat internet sangat gencar akhir2 ini. Banyak juga penipuan dalam bentuk informasi palsu atau isu yang bertebaran di internet sehingga kita harus berhati-hati dalam mencari sumber informasi melalui internet. Biasanya berupa isu atau hal-hal yang menyesatkan. Untuk itu kita harus memilah informasi-informasi di internet sebelum kita mempercayai kebenaran informasi tersebut.

  23. andri ilyas

    kemajuan teknologi membawa dampak yang luar biasa,,di dunia maya semua hal bisa terjadi
    kejahatan baru berkembang lewat dunia internet, dan pelaku kejahatan lebih senang memakai ini karna identitas yang dapat disamarkan,
    sepertii kita ketahui di media massa,,banyak artis menjadi korban, foto2 porno yang menggunakan wajah artis sering beredar,
    seharusnya masyarakat lebih jeli lagi dan tidak begitu saja langsung memvonis sebuah tayangan d internet,,, memang untuk klarifikasi kebenaran sebuah gambar atau video d internet d indonesia masih sedikit ahli yang bisa melakukan, seperti yg saat ini yg d percaya roy suryo
    bnyak pihak memanfaatkan it untuk memperkeruh suasana,,dan menjatuhkan nama instansi,
    jadi masyarakat dengan perkembangan ini semoga tidak berpikiran negatif dulu sebelum mengetahui pasti hal itu benar atau tidak,

  24. Andri Nugroho

    Komandan saya ijin memberikan komentar, menurut saya video tabrak lari tersebut diupload memang untuk memprovokasi masyarakat agar citra polisi semakin turun apalagi dengan kejadian2 sebelumnya dan yang terbaru adalah rekening gendut petinggi2 polri, saya yakin yg mengupload video itu ialah pihak yang ingin polisi semakin hilang wewenangnya

  25. Ardi Purboyo

    Mohon Ijin mengomentari tulisan komandan. Menurut pendapat saya, provokasi tersebut dilatarbelakangi keadaan Institusi Polri yang sedang terpuruk yang kemudian dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk lebih memperkeruh suasana dengan membentuk opini negatif melewati dunia maya.
    Untuk menanggapinya tetap harus dengan kepala dingin. Tidak selamanya opini negatif yang terbentuk akan terus-menerus menerpa institusi ini. Perbaikan kultur yang diidam-idamkan semoga cepat terwujud sehingga masyarakat dapat menuai hasilnya. POLRI: ” You Can If You Think You Can”.
    Jayalah POLRI….!!!!!!!!!!!!!

  26. maria

    kebebasan dalam berpendapat yang diungkapkan ke dalam suatu media sering disalahartikan, sampai jadi kebabalasan…
    media sering menjadi pendukung utama tercapainya tujuan yang ingin dicapai…
    namun media juga bisa menjadi sandungan yang bisa merusak semua yang telah ada, dan sering menimbulkan persepsi yang berbeda-beda dari orang yang melihatnya.

  27. BST.Muharram Wibisono

    Orang awam apabila melihat video ini pst lgsg mengatakan ” POLISI memang bobrok” sehingga semakin banyak masyarakat yang menganggap POLISI bkn lg sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat melainkan sebagai musuh dari masyarakat… belakangan ini banyak isu-isu yang menyudutkan POLRI, dengan adanya video ini maka orang yang melihat dapat dengan mudah menyimpulkan bahwa video ini memang bnr2 terjadi.. namun ini hanya pandangan bagi mereka yang memilki pemikiran terbatas dan mudah terpancing emosi tanpa menelaah lbh mendalam informasi2 yang didapatnya.. sebaian orang yang memilki pemikiran rasional pasti akan meneliti terlebih dahulu.. apakah vid ro ini bnr atau rekayasa.. namun sayangnya orang2 yang memilki pemikiran seperti ini di Indonesia hanyalah kaum minoritas… dari kejadian ini kita dapat menarik benang merah yang terajadi, yaitu ada pihak2 tertentu yang ingin menjatuhkan nama baik instansi POLRI.. jadi POLRI harus lebih hati2 dalam menjalankan tugasnya, sewdikit saja melakukan kesalahan pasti akan dijadikan senjata bagi pihka2 yang ingin menjatuhkan POLRI tersebut… dengan kejadian ini menurut saya adalah sebagai PELECUT bagi POLRI untuk membuktikan bahwa “POLRI ADALAH PELINDUNG, PENGAYOM DAN PELAYAN MASYARAKAT” …. Maju terus POLRI, Jaya lah POLISI INDONESIA………………..

  28. chandra yudha pranata

    jangan mudah terporpokasi, gunakan akal sehat n kepala dingin dalam menangapi malaah di atas, selalau waspada, yang terpenting tetep melindungi n melayani masyarakat. dan jalani tugas dengan profesional

  29. mobri cardo

    ijin dan mengomentari hal yang terjadi pada kasus diatas, Polisi dalam hal ini sebagai pelindung dan pengayom masyarakat tidak terlepas dari yang namanya kecerobohan.karena manusia itu tidak ada yang sempurna dari kasus diatas cara bertindak yang dilakukan oleh anggota polisi tersebut sengat merugikan intasnsi kepolisian karena masyarakat pasti menilai bahwa polisi dengan sengaja melakukan hal tersebut walaupun adanya pembelaan dari anggota yang melakukan hal tersebut. dari kasus diatas kita sebagai abdi negara dan pelindung masyarakat harus lebih hati-hati lagi dalam bertindak dan berpikir akibat dari tindakan yang dilakukan untuk menjaga nama baik institusi ini karena institusi ini merupakan intitusi besar.

  30. shofiyah

    ijin menanggapi komandan.memang benar secara umum orang hanya melihat dari apa yang mereka lihat tanpa menganalisa apa sebenarnya yang terjadi.dari dulu masyarakat selalu menilai kalau polisi itu kejam, itu karena mereka hanya melihat oknum-oknum yang melakukan penyimpangan, sehingga meskipun ada polisi yang bersikap baikpun tidak akan terlihat nyata dan masyarakat tetap negative thingking pada Polisi.

  31. Libartino silaban rs

    mohon ijin pak….
    disini dapat kita lihat bagaimana masyarakat makin tidak percaya akan intusi POLRI…
    sehingga apa pun yang mengenai polisi masyarakat langsung menanggapi dengan negatif…
    serta bagaimana masyarakat kurang memahami teknologi maka percaya akan hal itu…
    oleh sebab itu sebagai calon perwira polisi marilah kita tanam bibit kepercayaan akan kepada masyarakat luas….

  32. BST AKASA RAMBING

    Tidak bisa dipungkiri lagi bila POLISI saat ini sudah menjadi ARTIS atau NAFAS kehidupan bagi penyedia berita or kuli tinta, saat ini bukan hanya sebagai tempat curhat (trima LP) tapi pemenuhan perut sebagian pihak yang nakal dan kreatif memanfaatkan situasi, polisi dalam tugasnya menjalankan perintah pimpinan sesuai prosedur yang berlaku masih saja dikoyak tentang HAM, memang apa mereka memikirkan kehidupan ARTIS kita ini huuuh …… emang dasar kolot pemikirang pihak yang nakal en usil ini dalam memprovokatori orang ( ga tau kali dampaknye) pada intinya semua masalah dapat diselesaikan dengan baik tanpa perlu provokasi yang berlebihan, perlu dikaji kembali oleh KPI (komisi penyiaran indonesia) tentang kebebasan menyampaikan pendapat yang tak terkontrol sehingga mengadu domba masyarakat Indonesia dan menimbulkan perpecahan bangsa. Dukung selalu, tonton, beri masukan ARTIS kita (POLISI) yang membangun guna kemajuan dan tegaknya hukum di negri tercinta. jaya selalu POLRI

  33. Suryo Sumantri

    Selamat malam pak, mohon ijin untuk mengomentari tulisan Bapak.
    Sebagai seorang penegak hukum, memang hal yang wajar bahwa banyak pihak yang tidak senang dengan kinerja kita. Ada pihak-pihak yang mencoba untuk mendiskreditkan polisi dengan tulisan, gambar, maupun video yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Namun hal ini jangan menyurutkan tekat kita untuk selalu melakukan yang terbaik untuk institusi kita tercinta, POLRI. Ibarat pohon, semakin tinggi pohon itu maka semakin kencang pula angin yang menerpanya.

  34. FITA MUTIARA

    Orang lain hanya bisa melihat Polisi dengan sebelah mata.. Provokator yang sebenarnya adalah orang yang iri dengan suksesnya POLRI..

  35. dedy setiawan

    ijin pak..
    Polisi sejuta kebaikan terhapus satu dosa tak terampun….don’t judge the book by it’s cover….provokasi tidak hanya lewat IT tp juga oleh media massa yg selalu memojokkan polisi dan terlalu hiperbola….seharusnya dalam menyikapi suatu masalah harus digunakan pikiran jernih, tidak langsung percaya akan berita tersebut sebelum sesuatunya jelas…mari memantapkan trust building dan membangun networking…

  36. BST BAYU SEPTIANTO

    Ass wr.wb Malam salam hormat saya buat KOMANDAN tak lupa terucap sukur pada Tuhan YME telah dilimpahkannya rejeki dan dijadikannya anak anak ADAM ini berbagai pikiran sehingga menjalankan pola kehidupan sesuai keunikan masing2, disini Polisi selaku putra kusus yang mempunyai kelebihan dalam hal tanggung jawab menanggung beban moral untuk menuntaskan polemik masyarakat, terlepas dari anggapan buruk masyarakat itu hanya UPIL kecil yang menutupi lubang hidung sebelah dan menghalangi masuknya napas kadang UPIL itu beriak menutupi keduanya tapi dengan sedikit OBAT > perubahan kinerja polisi yang lebih baik akan menghilangkan ganjalan itu, maka pada dasarnya ini merupakan tindakan provokator yang menginginkan hancurnya kedaulatan RI dengan menyerang elemen pelindung, pengayom dan pelayan Masyarakat, perlu pendekatan Polmas dan membentuk kepercayaan masyarakat bahwa kasus tersebut merupakan kecelakaan.

  37. Dwie Yulianto

    Selamat malam pak ijin memberikan komentar pak…Provokasi merupakan tantangan nyata Polri yg merupakan akar dari permasalahan yang sering meresahkan masyarakat, sehingga dapat merusak persatuan bangsa, Polri yang merupakan payung pelindung hukum bagi masyarakat harus profesional dalam menghadapi segala hal yang dapat merusak kehidupan berbangsa, untuk itu mari bersama masyarakat kita jalin kerja sama yang baik dalam mengahadapi tantangan, wahai masyarakat indonesia jgn mudah terpancing dari hal-hal yang dapat memcahbelahkan kita, beri kepercayaan penuh kepada polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat

  38. reni ayi

    Ijin mengomentari tulisan komandan
    Sesuai tugas, fungsi dan peranan POLRI dimn sebagai pilar yang sangat penting. Dalam melaksanakan tugasnya POLRI berpedoman pada asas legalitas. Undang-ndang dan Hak Asasi Manusia, tidak mungkin semua tindakan yang diambil Polri seenaknya dengan kata lain harus bertindak secara profesional dan sesuai dengan kode etik kepolisian. Selain itu dapat dilakukan diskresi kepolisian, contohnya seperti kejadian tersebut. jangan pernah memandang dan menilai sesuatu itu dari sebelah mata, pelajari dan lihat dulu seperti apa, baru disitu kita bisa menilai.

  39. N Maramis

    Ijin mengomentari pak…
    Dengan beredarnya gambar atau video yang sering memojokkan POLRI saat ini menunjukkan ada yang tidak senang dengan Polri. karena mungkin ada pribadi-pribadi yang pernah bermasalah dengan anggota polisi sehingga melakukan teror lewat internet. Untuk itu Polri dalam menanggapi permasalahan seperti ini harus cepat mengklarifikasi masalah tersebut, karena banyak masyarakat qta yang hanya menilai dari satu sudut saja mereka masa bodoh untuk mengetahui lebih jauh kebenarannya.
    Untuk itu Polri harus tetap semangat dan selalu beri yang terbaik untuk masyaraknya lewat prestasi kerja.

  40. Bst. Taripar Jaya Nababan

    selamat malam pak, ijin mengomentari.

    citra buruk yang selalu membelengu kepolisian kita membuat setiap masyarakat selalu mencibirkan hal-hal negatif yang belum terbukti kebenarannya secara real. masyarakat selalu mengangap keberhasilan kita hal biasa jika melakukan kesalahan hujatan dan cacian bertubi-tubi dengan ringan terlempar baik dari mulut ke mulut maupun media cetak dan elektronik. hal yang membebani Polri untuk membongkar semua anggapan bahwa semua anggota Polri sama saja, padahal hanya oknum-oknum yang tidak menginginkan Polri bergerka ke arah kemajuan. untuk itu bagi kami para calon paja berharap dukungan dan komitmen yang tercipta untuk membuat jalan ke arah yang lebih baik.

  41. sigit agung susilo

    lagi lagi institusi polri dirundung cobaan. dalam melaksanakan tugasnya anggota polri mengabdikan diri kepada negara. tapi tidak semua perbuatan baik diterima baik juga oleh masyarakat. tiap kali polisi mempunyai prestasi gemilang tetap saja ada komentar yang cenderung menyudutkan. maju terus kepolisian indonesia

  42. mohon izin memberikan komentar komandan,,,,

    masyarakat skrg juga tidak bodoh untuk menilai sesuatu permasalahan hanya dari satu sisi saja,jd setelah membaca tulisan ini masyarakat dpt menilai kejadian sebenar nya dan dapat menarik kesimpulan atas kejadian tersebut,,
    memang ujian yang sedang diterima oleh institusi polri sekarang ini sangat lah banyak,namun hal ini merupakan suatu tantangan yang harus dihadapi untuk membuat kita lebih kuat ke depan nya,karena dengan banyak ny ujian atau cobaan yang dihadapai maka kita dapat memproleh pengalaman dan mencapai kematangan yang lebih apabila kita dapat melalui semua itu dengan bijak tanpa harus menghindari ataupun malah menutup-menutupi ny,,,
    jaya terus polri,,,,jaya lah polisi indonesia,,,,,

  43. kasman

    saya sepakat dengan cara kita harus bisa melakukan aksi pembelaan dalam bentuk klarifikasi melalui media yang sama..kita tetap harus eksis dan siap di tengah banyaknya bentuk profokasi yang lain ke depannya… masukan yang ada dan ditujukan kepada institusi kita tetap diperhatikan tapi bukan dalam bentuk intervensi apalagi bentuk profokasi yang mendeskreditkan polri….

  44. Shandy mardiansyah RS

    selamat malam mohon ijin sedikit berkomentar bapak… menanggapi tulisan bapak membuat mata saya terbuka… mungkin bila saya berada di pihak masyarakat saya pasti 100 % akan menyalahkan POLISI tsb.. ,mengapa, karena ada beberapa alasan yg menjadi penyebabnya antara lain :
    1. masyarakat seperti saya yg tdk tahu akan IT dan tdk melihat lgsg peristiwa tsb akan percaya setelah melihat tayangan potongan video tsb…
    2. citra polisi yg msh arogan msh blm bs dihilangkan dr mta masyarakat
    3. pemberitaan yg tdk berimbang menjadikan polisi sulit untuk memperlihatkan fakta2
    4. semua hal yg jelek ttg polisi pasti cpt direspon oleh masy..dan akan diingat betul sedangkan prestasi polisi cuma dianggp biasa.
    oleh sebab itu utk melawan provokasi melalui IT ini polisi trlebih dahulu harus memperbaiki diri. jgn ada lagi kasus2 yg menjelekan citra polisi…kemudian pihak yg berhubungan dengan masyarakat dlm hal ini divisi humas hrs lebih baik lg dlm hal kinerjanya.. sebisa mungkin ciptakan kondisi prsepsi masyarakt untuk berpandangan baik thdp polri

  45. arga indra prasetya

    menurut saya itu suatu tindakan sebagai menyelamatkan dan pengamanan dari sebuah kejadian yang tidak diinginkan.kalau kita melihat dari video tersebut mungkin tidak sedetail dari pengelihatan petugas patroli yang kala itu lebih mengetahui kejadian sebenarnya sehingga beliau melakukan diskresi seperti itu.setiap tindakan seseorang termasuk yang disebut sebagai penyampaian aspirasi namun tidak harus dilakukan dengan tindak kekerasan.karna setiap tindak tanduk kita dan hak-hak kita dibatasi oleh hak orang lain!apabila tiap diskresi yang diambil oleh seorang petugas hingga menimbulkan korban mungkin itu sebagian kecil dari apa yang disebut sebagai penyelamatan korban yang lebih banyak.

  46. urva. l

    sbagi seorang polisi’ kita harus mampu menjelaskan kepada masyarakat dengan baik sesuai dengan fakta atau bukti yang sebenarnya sebagaimana gand strategi polri ke depan partnership dan networking.
    dissinilah d tuntut kemampuan seorang anggota polri baik secara iptek maupun mental yang baik sehingga mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat seutuhnya yang artinya seorang anggota polri dituntut memiliki pengendalain diri baik emosi maupun adanya tekanan yang datang dari masyarakat sehingga mampu menjelaskan segala masalah yang ada dengan baik sesuai dengan data dan fakta yang ada agar masyakat dapat memahami sebagimana kejadian sebenarnya ‘
    di sisi lain bagai mana fungsi bimmas maupun polmas dapat memberikan pengertian kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dengan berita-berita yang belum ada kebenarannya secara fakta dan hukum yang ada.

  47. Bst.Hendra manurung

    Izin memberi komentar pak.
    Setiap Tugas Polri dalam pelaksanaan di lapangan yang baik, bahkan sampai mengorbankan jiwa sang petugas dipandang masyarakat sudah menjadi kewajibannya dan hal biasa. Namun bila Polri melakukan kesalahan sedikit aja.bahkan kesalahan yang disebabkan individual personil, langsung menganggap Institusi Polri jelek tanpa melihat kembali prestasi yang sudah dilakukan Polri .Dari kisah cuplikan Video ttg anggota patroli tersebut masyarakat idantik langsung beranggapan Negatif terhadap Polri, padahal kejadian tersebut belum terbukti kebenarannya, bahkan alasannya. Seharusnya masyarakat mengerti, kl negara ini negara Hukum. Masih Berlaku Asas Praduga tidak besalah. Dan sebagai negara yang berkembang, seharusnya tidak mudah terprovokasi oleh setiap hal yang belum terbukti kebenarannya. Karena setiap asap pasti ada apinya. demikian juga ttg masalah ini, yang bertujuan mencemari Nama Polri. Pasti ada Keuntungan yang ingin diambilnya.

  48. yus ade'

    benar adanya polisi harus biajak menjelaskan kepada masyarakat bagaiman sesuguh kejadian sesuai data dan fakta’
    oleh karena itu ”jangan mudah terprovokasi ”

  49. adhy prabowo

    menurut saya ada sisi baiknya juga video itu dimunculkan, dengan adanya verifikasi dari tim IT tersebut maka ternyata dapat diketahui bahwa banyak org yang membenci polisi walaupun tindakan yang dilakukan adalah benar adanya, tetapi masyarakat hanya memandang daRI sisi negatifnya saja, oleh karenanya sebagai insan bhayangkara kita harus tetap selalu berjuang dalam melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat dengan keikhlasan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban.

  50. Yubersius Tongotongo

    dengan adanya kebebasan pers yang ada d indonesia ini maka pers terlalu memunculkan diri di permukaan. Pers bukan sebagai media yang selalu membuat masyarakat banyak bertanya dengan kejadian yang disampainkan oleh pers,,,,seharusnya pers dalam memberitakan info hrs diperhatikan untung ruginya

  51. ardy yusuf

    ucapan terima kasih karena kepedulian bpk terhadap aktualitas kepolisian..
    mengomentari kejadian tsb, tanggapan sy sederhana bahwa kepolisian selalu diuji dengan hal-2 sdh benar namun masyarakat menilai salah karena memandang bahwa polisi hanya dapat berbuat dengan menyalahgunakan wewenang, stigmasi dr masyarakat yg kuat yg membuat polisi terus dipandang negatif, dr persoalan ini sy hanya dapat memotivasi diri sy sendiri bahwakeyakinan akan kebenaran dr perbuatan yg mulia akan menghasilkan amal jariah yg mulia dan inilah yg harus kita pegang teguh sebagai abdi masyarakat kita hanya dpt berbuat biarlah org lain/ masyarakat yg menilai..

  52. belnas

    mohon izin memberikan komentar pak, akhir-akhir ini polisi banyak disudutkan namun dengan hal ini sebagai polisi kita harus tetap tegar dalam melaksanakan tugas sebagai pelayan,pengayom dan pelindung masyarakat dan yang terpenting bagaimana kita memperbaiki citra di mata masyarakat

  53. vicky th

    sesuatu yang baik itu awalanya dinilai jelek dan di hina hingga akhirnya mereka menyadari bahwa mereka salah itulah polri,dengan banyakanya cobaan buat polri,diharapkan polri semakin dewasa apapun yg di beritakan saya yakin polri dapat mengklarifikasikan semuanya di hadapan masyarakat dan sampai kapanpun polri takan pernah berhenti melindungin,mengayomi dan melayani masyarakat

  54. BST. Muhammad Syuhada

    Selamat malam pak ijin mengomentari

    menurut saya, polisi tidak salah dalam video tersebut karena apa yang dilakukan oleh polisi adalah untuk membela diri.
    disamping itu polisi juga mempunyai hak diskresi yang bisa digunakan untuk menyelamatkan orang lain atau masyarakat luas apalagi untuk menyelamatkan dirinya sendiri selaku penegak hukum
    mari kita lihat kasus pembunuhan yang dilakukan oleh wanita pacar anggota TNI di surabaya beberapa tahun lalu, wanita tersebut diberhentikan penyidikannya oleh Polwiltabes Surabaya dikarenakan yang bersangkutan membunuh Untuk membela diri, dimana wanita tersebut sudah seringkali disiksa oleh anggota TNI tersebut

  55. Dede Kasmadi

    ijin pak, menurut pendapat saya seiring dengan perkembangan teknologi, semua yang ada bisa diadakan, semu tergantung manusia yang menyikapinya. contoh kasus Trisakti dan kasus semanggi. media hanya menayangkan video polisi yang sedangn menembaki masyarakat, namun kita tidak tahu bahwa apa yang terjadi sebenarnya, pada kenyataannya polisi sedang melakukan perlindungan dari penembak gelap dan bukan sedang menembaki masyarakat. media selalu mencari posisi yang tepat untuk mencari provit semata,. dibalik itu semua politik bermain dengan kepentingan masin-masing.kita sebagai orang awam yang tidak mengerti apa-apa jika melihat video yang bisa di kurangi da ditambah serta diubah hanya bisa berkata bahwa semua itu benar dan kita dapat terprovokasi.

  56. made teja dwi permana

    Selamat malam pak, mohon ijin untuk mengomentari tulisan Bapak.
    terkadang media massa dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi nama baik lembaga polri, terutama pada topik tabraka lari ini, karena tidak semua masyarakat yang melihat cuplikan video tabrak lari yang dilakukan oleh polisi itu memahami apa latar belakang dan maksud dari tindakan polisi tersebut. ini menjadi pembelajaran bagi organisasi polri untuk lebih bijak dan berhati-hati dalam melakukan suatu tindakan.

  57. jenny ch sumanti

    memang dalam hal menegakan kebenaran serta keadilan bukanlah hal yang mudah namun itu bukan merupakan halangan bagi kita terlebih bagi Institusi Polri yang merupakan institusi yang tidak bisa menghindari hal-hal tersebut. maka teruslah jaya dalam mejalankan tugas mulia ini dan yakinlah bahwa kebenaran akan selalu berdiri tegak.

  58. Nasrul

    Selamat malam pak, ijin mengomentari tulisan bapak.
    polisi adalah sebagai penegak hukum, lin,yom,yan masyarakat dan harkamtibmas , tugas yang di emban polisi tidaklah gampang, melenceng sedikit saja akan berdampak besar karna dengan tugas dan wewenang yang di miliki polisi sangat mudah untuk menyudutkannya, saya hanya berpendapat janganlah percaya dengan hal yang belum pasti kebenarannya apalagi mengenai vidio singkat tersebut tidaklah sulit untuk merekayasanya.

  59. N FARMADI RS

    ijin berkomentar pak, provokasi terhadap polri saat ini seolah-olah sesuatu yang diwajibkan, menurut saya polri jangan terlalu reaktif sehingga terkesan membenarkan berita-berita tersebut seperti pada kasus majalah tempo, yang dapat dimanfaatkan oleh pihak lain yang memang berupaya mencarikan kambing hitam institusi polri….polri harus lebih bijak lagi…

  60. Bst. hedra marlan

    mohon ijin,Pak.. menurut saya, saaat ini lembaga Polri memang sedang mengalami tekanan yang sangat besar, baik dari luar maupun dari dalam sendiri. semoga dengan adanya tekanan tersebut semakin membuat lembaga Kepolisian ini semakin baik..

  61. Bst.jimmy manurung

    saya kira mudah sekali untuk memprovokasikan permasalahan ini jika dilakukan 5 tahun kebelakang.. namun saat ini kenapa hal ini harus ditakutkan.. sebagai bahan perbandingan… masyarakat di era sekarang ini semakin didewasakan dengan sendirinya, sebagai contoh.. kasus ariel, kasus YZ, serta berbagai macam kasus yang memang masyarakat sudah berani mengkritisi dimana seorang polisi dituntut untuk membuktikannya kebenarannya, peranan ahli IT dan ahli lainnya sangat diperlukan.. jadi untuk apa takut??? kebenaran publik akan terjawab.. katakan itu benar jika memang benar dan tindak tegas pelakunya!!!, demikian juga sebaliknya.. bukan saatnya berlindung dibalik seragam kita namun biarlah seragam ini menjadi tanda apa yang seharusnya kita lakukan untuk melindungi, mengayomi,dan melayani masyarakat dengan moral baik dan hukum positif yang berlaku di Indonesia ini.

  62. arief budiharso

    ijin memberi komentar.menurut saya di era teknologi informasi yang berkembang pesat ini, harus diimbangi dengan filter yang ketat pula. misal harus ada tindakan hukum yang tegas terhadap pemberitaan media massa yang membelokan berita atau sengaja membuat berita yang fiktif dengan tujuan untuk mencari popularitas. Hal ini tentunya dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak misalnya dari komisi2 pengawas penyiaran.sehingga dari pihak media massa sendiri bisa lebih berhati-hati dalam penyampaian berita ke Publik.sekian terima kasih.Maju terus KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA.

  63. jamalinus

    perkembangan teknologi saat sekarang tidak terbendung lagi, khusus dalam hall kebebasan memberikan pendapat dan opini. imbasnya saat ini institusi kita dalam sorotan dan akibat dari semua tindakan yang diambil akan cepat mendapatkan tanggapan. apalagi hal negatifyang terjadi akan cepat menimbulkan gejolak di masyarakat. termasuk dalam hal yang dikatakan bahwa terjadi tabrak lari, terlepas dari itu sebuah pelanggaran, namun diatas semuanya terselip pelaksanaan tugas dari anggota polri untuk kepentingan yang lebih besar, dan karena satu dan lain hal terjadi tabrakan. saya yakin dan percaya seorang anggota polisi tentunya tidak akan ingin hal itu terjadi, dan tentunya akan sangat menyesali terjadinya tabrakan tersebut. mari kita sama2 berpikir jernih dan tidak terprovokasi dan lebih lanjut kita sebagai insan polri menyadari bahawa hal yang demikian adalah pembelajaran yag akan mendewasakan kita dan mari kita jadikan ajang untuk memberi bukti bahwa kita sedang mengubah kultur kita menjadi yang lebih baik. polisi jaya

  64. BST Micha Toding

    Selamat malam Komandan!!! ijin memberikan komentar

    Menurut saya video tabrak lari yang dilakukan oleh oknum polisi tersebut itu ada penyebabnya!!! apakah mungkin karena nyawa dari anggota tersebut dalam keadaan terancam ataupun karena arogansi dari oknum polisi tersebut.. jika dilihat dari sudut pandang hukum : perbuatan yang dilakukan oleh oknum polisi merupakan tindakan yang diambil menurut penilaian sendiri dalam artian Deskresi Kepolisian yang benar telah diatur dalam UU RI No tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia pada psl 18 yang mengatakan seorang Anggota polisi dapat mengambil keputusan berdasarkan penilaian sendiri yang terpenting tidak melanggar aturan hukum, kode etik serta aturan perundang-undangan yang lain. Disamping itu tindakan yang diambil untuk kepentingan orang banyak ataupun diri sendiri apabila telah terancam nyawanya. jd tindakan yang diambil anggota Polisi tersebut tidak salah dan dapat dibenarkan sesuai dengan hukum yang berlaku.

  65. ignatius rendi

    suatu tantangan bagi anggota polri dengan semakin majunya tegnologi maka wilayah hukum yang diemban polisi juga bertaqmbah pada saat ini yakni berhubungan dengan dunia maya yang menyediakan informasi secara tidak terbatas. dimana sikap dan tindak tanduk anggota polisi di saat ini harus sesuai prosedur yang berlaku….. ada sisi negatif dan positif dari kemajuan teknologi informasilewat dunia maya seperti twiterr…sisi positifnya …polisi dapat menggunakannya untuk memantau laporan tindak kejahatan…seperti laporan polisi lewat dunia maya kedepannya..yang diperoleh up to date..sisin negatifnya berita yang tidak sesuai budaya dan salah dapat memprofokasi dan membentuk opini yang salah dan berbahaya bagi citra bagi suatu lembaga….disinilah tugas polisi kedepannya untuk membuktikan suatu informasi adalah benar atau salah…

  66. I70F1_P05U

    ini merupakan tantangan POLRI kedepan, memang utk menuju ke suatu perubahan tdklah semudah membalikan telapak tangan tp membutuhkan kerja keras dan pengorbanan…….JAYALAH POLRI…….

  67. wugar adi nugroho

    yang penting tiap orang jangan mudah terpancing, hidup sudah susah jangan dibuat susah, masih banyak isu yang jauh lebih penting untuk diangkat.

  68. bintarto bs

    ijin memberikan komentar pak.di era teknologi sekarang ini tergantung bagaimana kita menanggapi berita yang beredar dengan akal sehat kita.meski beberapa pihak yang tidak suka dengan polri selalu ingin menyudutkan polri, menjatuhkan nama baik polri.namun yang pasti banyak jasa,sumbangsih, peran polri dalam menciptakan ketertiban dan keamanan bangsa ini.semua pasti akan terbukti kebenarannya.hidup polri.

  69. joni sihombing

    selamat malam pak, ijin memberikan comment
    menurut pendapat saya, kasus yang terjadi tidak bisa kita katakan benar/salah.apalagi diera jaman sekarang, polri sangat menjadi sorotan publik..ada kesalahan langsung di ekspose sedemikian rupa, sedangkan yang baik-baiknya jarang dipublikasikan.kasus yang terjadi merupakan cobaan bagi polri.dimana polri sedang di provokasi oleh oknum/orang yang emang sedang berusaha menyudutkan polri. polri tidak mudah untuk diprovokasikan, semuanya akan dibuktikan kebenarannya. polri menuju lebih baik

  70. muzrin

    pada dasar nya dalam keadan memaksa (overmacht) suatu perbuatan tdk dpt d hukum,pada kasus profokasi ini masyarakat belum tentu menanggapi negatif,pun Polri harus mampu mjlaskan kpd masyarakat,jgn terprovokasi kpd hal yang blm tentu kebenaranya..

  71. ronald sirait

    mohon ijin komandan..
    menurut saya melihat kasus diatas bahwa polisi dalam melakukan tugasnya memang selalu dihadapkan dengan masalah yang tidak mudah karena semua tugas itu adlah penuh tantangan.
    sehingga bila menyikapi kasus diatas hanya disikapi dari kaca mata yang berlainan maka mknanya jg berlainan. maka sikapi permasalhan yg terjadi dengan sebaik mungkin..
    hindari sikap arogansi, mengalah bukan berarti salah namun mencari solusi terbaik..
    Polisi melaksankan tugas yang mulia dihadapan orang lain( masyarakat ) belum tentu dikatakan baik..

  72. Eki Mufaqih

    dari judulnya saja video tersebut sudah menggiring masyarakat untuk membenci Polisi. Sebagai salah seorang calon anggota Polisi saya prihatin. Jika kita coba masukkan entry kata Polisi di situs untuk mengunggah video seperti youtube, maka hasilnya tidak jauh dari Police action atau tindakan represif Polisi, jika diambil dari sisi positifnya hal tersebut menggambarkan betapa heroiknya aparat Polisi di lapangan dalam menegakkan hukum, namun di sisi lain tindakan represif akan jika dipandang tidak secara komperhensif akan cenderung terlihat sebagai kesewenang-wenangan Polis. Memang, tindakan kepolisian baik itu penyelidikan sampai pengunggkapan kasus selalu menarik perhatian masyarakat. Kita bisa lihat tayangan seperti buser, TKP, sidik, Jejak kasus sampai saat ini masih menjadai tayangan yang menempati posisi tersendiri di mata pemirsa televisi. Sudah ratusan film yang dibuat oleh Hollywood yang menceritakan tentang heroisme aparat kepolisian. Jaya selalu Polisi Indonesia. I proud to be a part of it…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s