Polisi dan kekerasan(paradigma baru )

Standar

Berbicara tentang paradigma setiap orang akan memiliki pengertian dan pemahaman yang berbeda-beda, namun semua pemahaman tersebut dapat diterima dengan pendekatan dan sudut pandang masing-masing.

Paradigma berasal dari kata “paradigm” yang berarti pandangan atau cara memandang. Paradigma dapat diartikan sebagai cara memandang suatu kondisi, cara bersikap dan cara berperilaku, atau batasan-batasan yang memberikan rambu dalam beraktivitas menghadapi setiap kondisi dinamik perubahan lingkungan strategik guna pencapaian tujuan organisasi, memenuhi tuntutan dan harapan masyarakat.

Paradigma merupakan suatu tuntutan yang relevan dengan pergeseran tuntutan dan harapan masyarakat, yang terimplementasikan dalam tuntutan paradigma reformasi, paradigma pembangunan nasional. Paradigma baru Polri bertumpu pada fungsi dan peran polri untuk melindungi dan melayani masyarakat serta berorientasi untuk menciptakan keamanan dalam negeri. Oleh karena paradigma baru Polri bertumpu pada perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat maka visi Polri pun mengedepankan “perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat; memelihara Kamtibmas dan penegakan hukum,  dalam rangka mewujudkan keamanan dalam negeri. Demikian halnya dengan Misi Polri sebagai penjelasan Visi, mengutamakan fungsi pre-emtif, preventif, persuasif dan edukatif dalam wujud perlindungan dan pelayanan masyarakat.

Di AKPOL dimana saat ini saya menjadi pengasuh ,Taruna diberikan materi pengasuhan tentang soft competency tentang Paradigma baru Polri dimaksudkan agar setiap taruna AKPOL memahami dan mengetahui tentang misi dan visi Polri sejalan dengan tuntutan reformasi saat ini.

Paradigma juga dapat dikatakan sebagai “dampak” dari derasnya arus reformasi dimana segala sisi kehidupan masyarakat dituntut untuk melakukan perubahan-perubahan yang lebih baik tentunya, karena setiap perubahan yang terjadi belum tentu menghasilkan hal yang lebih baik dari sebelumnya namun dalam proses reformasi saat ini perubahan yang diharapkan bagi Polri adalah menghasilkan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s