Drum Corps CENDRAWASIH Akademi Kepolisian sebagai sarana promosi

Standar


@ HARKITNAS
@ HARKITNAS

Saat Polri telah berpisah dari TNI di tahun 2000, karena tuntutan reformasi di NKRI (baca indonesia) Lembaga pendidikan pembentukan perwira Akademi Kepolisian menyesuaikan berpisah dari Akabri. Pada  Tahun 2000 dibentuk sarana promosi bagi Akpol  yang dulunya berbentuk drum band Cendrawasih Akpol menjadi bentuk drum corps. Perubahan ini dipelopori  perwira Polri yang sangat visioner dalam membentuk Polri yang sipil sesuai tuntutan masyarakat yaitu DANMENTARSIS  AKPOL pada waktu itu KOMBES Pol. Gories Mere yang sekarang berpangkat KOMJEN (Komisaris Jenderal ) menjabat Kalakhar BNN .Saat ini penulis sebagai pengasuh mengasuh taruna Tingkat 3 dengan nama Detasemen Rinaksa Sakalamandala yang sudah bermain  drum corps di banyak tempat untuk event nasional maupun internasional.Drum Corps adalah kebanggaan yang dimiliki oleh Polri untuk mempromosikan AKPOL kepada seluruh adek-adek yang ingin menjadi perwira Polri .dibawah akan ditunjukan juga berbagai foto atraksi dari display drum Corps .

Pengertian Drum Corps Drum corps adalah  satuan bentuk musik lapangan. Komposisi dalam jumlah kelompok drum sama dengan marching band pada bentuk satuan musik ini kelompok alat tiup hanya terdiri dari alat tiup logam, sehingga akan berpengaruh terhadap aransemen musiknya, sedangkan bentuk musiknya tidak jauh berbeda dengan marching band.

Akademi kepolisian memiliki sebuah kesatuan musik yang biasa disebut sebagai drum band atau drum corps.  Inilah perbedaan AKPOL dengan Drum band Akademi TNI , Saat Polri telah berpisah dari TNI, otomatis Akademi Kepolisian berpisah dari Akabri. Mulai saat inilah dibentuk konsep baru drum band Cendrawasih Akpol menjadi bentuk drum corps. Sebuah konsep musik yang memainkan lagu – lagu relative lebih modern dan inovatif. Biasanya drum corps dipertunjukkan untuk mengisi acara baik ditingkat daerah sampai tingkat nasional,Seperti HarKitnas yang disaksikan oleh presiden SBY tahun 2007 ,Di Jogjakarta ,Pembukaan Rafting Internasional di banjarnegara 2010,Akpol GO Internasional di candi Borobudur 2010 dan banyak lagi di kabupaten yang meminta display dari DC Cendrawasih.drum Coprs  cendrawasih Akademi Kepolisian biasanya dipertunjukkan saat mengiringi defile pasukan atau mengiringi kegiatan kirab dan tradisi di Akademi Kepolisian yang secara turun temurun diturunkan dari senior kepada juniornya.Dilatih oleh pelatih Profesional yang diawasi oleh Pengasuh dan taruna senior .Drum Corps dipimpin oleh Taruna senior Tingkat IV (KADEN DC) dalam pelaksanaannya dibantu oleh 4(empat )stickmaster dan Penatarama (field Commander).

Saat ini drum corps cendrawasih Akpol dimainkan oleh 266 Taruna tingkat III . Terdapat beberapa lagu  display drum corps yang dimiliki saat ini yang  memainkan lagu “My Lecon” , “Sway” , “WONDER WOMAN” (Mulan jameela) , dan WELCOME TO MY PARADISE

.Semoga Kebanggaan Drum corps ini bisa diteruskan Untuk menjadi ajang Promosi dan pelayanan bagi Masyarakat dari AKPOL .

mengiringi Kirab @Semarang
mengiringi Kirab @Semarang
Latihan Colourguard
Latihan Colourguard
atraksi bass drum
atraksi bass drum
Pampare DC Akpol
Pampare DC Akpol

12 thoughts on “Drum Corps CENDRAWASIH Akademi Kepolisian sebagai sarana promosi

  1. izin pak ..
    rabu sore ..akhir crita dr Drum corps RS tp msh ada bayangan nya di Porsimaptar ..
    kebanggan klo den 44 nya bs maern bagus dlm wkt singkat ya pak ..biar RS bisa serius ke Perwira 2010..Amiiin .,.
    long weekend tlh tiba,slamat berlibur komandan ..
    no way for PELANNGARAN!!
    selamat sore pak ..TARUNA ..!!

  2. edy sudarma/sat C/08.240

    selamat sore pak..mohon ijin pak akhirnya alat keramat DrumCorps turun juga ke Den 44 kemaren sore,moga dengan begitu RS bisa lebih fokus ke pelajaran,wujudkan zero accident masalah akademis..
    jaya RS,jaya untuk satuan C yg komando “makin dongkol makin asik” itu motto kami..terima kasih buat partisipasi bapak dalam mengupayakan serah terima alat DC,selamat week end pak..

  3. RS. SAT 'C' 08.249

    ijin ndan.. sdh waktunya keemampuan yg kita miliki dlm bermain Drumband kita turunkan kpd junior kita agar kita bisa lebih focus lagi dlm hal akadis n T A tentunya.. modah2an aja dlm wkt singkat ini mereka bs maen porsimaptar, jgn sampai qt yg maen, ijin ndan lutut kiri blum pulih sempurna hik2..
    n trimakasi ndan, sampai saat ini dlm pngasuhan bapak, kami slalu diberi gambaran ttg tugas2 diwilayah…
    jgn bosan bimbing kami dalam pendidikan bahkan sampai kami dlm mlaksanakan tugas sbage perwira POLRI.. SUKSES BAGI KITA SMUA SAT “C”

  4. fian aw/sat c/ 08.249

    sudah waktunya kita focus dengan pelajaran dan penyusunan tugas akhir, n giliranya juga kita ajari junior kita dalam bermain drumband… terimakasih ndan atas dukungannya dalam menurunkan alat DC kpd junior kami dan partisipasinya dalam membimbing kami, tapi kami harap bukan hanya jadi taruna saja kami dibimbing melainkan kedepan, sesudahnya kita menjadi seorang perwira POLRI dalam menjalankan tugas negara sekalipun SAT ‘C’ mantafffff…….

  5. fian aw/sat c/ 08.249

    fian aw/sat c/ 08.249 :
    Komentar Anda sedang menunggu moderasi.
    sudah waktunya kita focus dengan pelajaran dan penyusunan tugas akhir, n giliranya juga kita ajari junior kita dalam bermain drumband… terimakasih ndan atas dukungannya dalam menurunkan alat DC kpd junior kami dan partisipasinya dalam membimbing kami, tapi kami harap bukan hanya jadi taruna saja kami dibimbing melainkan kedepan, sesudahnya kita menjadi seorang perwira POLRI dalam menjalankan tugas negara sekalipun. SAT ‘C’ mantafffff…….

  6. mohon ijin ndan..
    sudah waktunya kemampuan yg kita miliki dlm bermain drumband kita turunkan kpd junior kita.. trimakasih atas dukungan komandan dlm tradisi pnurunan alat Drum Corps yg walo dgn acara yg sgt minim…moga2 porsimaptar kali ini junior sdh siap tampil, agar kita bs lebih konsen dlm penyusunan tugas akhir.. Drum Corps Cendrawasih Akademi Kepolosoan memang kbanggaan kita semua.. sukses utk sat “C”

  7. Rif

    SYA JUGA SANGAT INGIN MENJADI TARUNA,SALAH SATU BENTUK MENGABDI KEPADA NKRI BERLANDASKAN UUD 1945 & PANCASILA… AMIIIEENN……………..

  8. I actually seem to go along with pretty much everything that was
    posted within “Drum Corps CENDRAWASIH Akademi Kepolisian sebagai sarana
    promosi | bang ASI says”. Thanks for all the facts.
    Thanks for your time-Hung

  9. Precisely how much time did it take you to publish Hunter Douglas Blinds “Drum Corps CENDRAWASIH
    Akademi Kepolisian sebagai sarana promosi | bang ASI says”?

    It includes a good deal of wonderful details. Many thanks
    ,Miguel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s