kegunaan pemetaan GPS untuk POLRI

Standar
GPS

GPS

Masih ingat kasus perampokan bank BNI di tol yang dirampok di Tol Bandara pada 12 Juli lalu sebesar 15 milyar. Polda Metro Jaya menangkap 10 pelaku perampokan uang Rp 15 miliar milik BNI  tiga pelaku lainnya masih menjadi buron.Inilah kasus yang paling anyar yang menurut saya ada bantuan alat IT dalam pengungkapan kasus perampokan ,bantuan alat IT yang digunakan polri dalampengungkapan kejahatan salah satunya menggunakan GPS . Menurut pengertiannya Global Positioning System(GPS) adalah suatu sistem navigasi yang memanfaatkan satelit. Penerima GPS memperoleh sinyal dari beberapa satelit yang mengorbit bumi. Satelit yang mengitari bumi pada orbit pendek ini terdiri dari 24 susunan satelit, dengan 21 satelit aktif dan 3 buah satelit sebagai cadangan. Dengan susunan orbit tertentu, maka satelit GPS bisa diterima diseluruh permukaan bumi dengan penampakan antara 4 sampai 8 buah satelit. GPS dapat memberikan informasi posisi dan waktu dengan ketelitian sangat tinggi.Dengan kemajuan teknologi yang dibarengi dengan penerapannya yang semakin diperlukan bagi manusia disegala bidang,teknologi ini juga bisa diterapkan dalam bidang kepolisian yaitu pada fungsi lalu-lintas.Dimana teknologi GPS dapat digunakan dalam mengetahui keberadaan kendaraan.Selain untuk mengungkap kejahatan ada beberapa kegunaan GPS untuk tugas kepolisian adalah sebagai berikut

Adapun kegunaan GPS dibidang lantas,samapta (patroli) dan intelkam

  • GPS banyak juga digunakan sebagai alat navigasi seperti kompas. Beberapa jenis kendaraan telah dilengkapi dengan GPS untuk alat bantu navigasi, dengan menambahkan peta, maka bisa digunakan untuk memandu pengendara, sehingga pengendara bisa mengetahui jalur mana yang sebaiknya dipilih untuk mencapai tujuan yang diinginkan.Hal tersebut dapat membantu anggota lantas dalam melaksanakan tugas dilapangan dalam menentukan daerah kemacetan lalu-lintas yang perlu mendapat penanganan khusus anggota dilapangan.Dan juga dapat mengetahui keberadaan mobil yang mengalami kecelakan dan juga dapat memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat pengguna jalan yang membutuhkan informasi tersebut bagi kenyamanan dan kelancaran dalam berkendara di jalan.
  • SistemInformasiGeografis Untuk keperluan Sistem Informasi Geografis, GPS sering juga diikutsertakan dalam pembuatan peta, seperti mengukur jarak perbatasan, ataupun sebagai referensi pengukuran. Dalam hal ini gps dapat digunakan dalam memberikan informasi mengenai jarak dari tempat satu ketempat lain agar pengguna jalan bisa memanfaatkan Informasi tersebut secara maksimal dalam perjalanan dan dapat menempuh jalan yang lebih dekat serta waktu yang cepat.
  • Kegunaan lain GPS adalah sebagai Pelacak kendaraan, dengan bantuan GPS pemilik kendaraan/pengelola armada bisa mengetahui ada dimana saja kendaraannya/aset bergeraknya berada saat ini. Hal teresbut dapat digunakan dalam mengetahui keberadaan suatu kendaraan yang hilang dan akan dilacak oleh petugas lantas,sehingga dapat mempermudah pencariannya melalui gelombang radio.Sinyal itu kemudian diolah hingga diperoleh data digital posisi.
  • Selanjutnya data diplot pada peta spasial.Dengan demikian posisi mobil patroli yang  beroperasi akan nampak berupa noktah bergerak di jalur-jalur jalan pada peta.
  • Basis data dipergunakan untuk menempilkan peta spasial dan posisi obyek secara real time dilayar monitor komputer.dan dipusat pengendali dipasang perangkat komputer berbasis Pentium 166MHz lengkap dengan modemnya.
  • Pembentukan system aplikasi dalam GPS terdiri dari teknologi yang saling memadukan antara GPS dengan CCTV serta dengan pencitraan satelit yang dikumpulkan atau dijalankan melalui suatu perangkat komputer dari satu server yang bisa digunakan dalam mendeteksi  atau pelacak keberadaan kendaraan atau posisi kendaraan serta dapat memberikan informasi yang diperlukan dalam pemetaan yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jalan.
  • Pusat server dapat langsung memberikan informasi kepada masyarakat pengguna jalan dan juga dapat terjadi hubungan timbal balik yang menguntungkan dengan masyarakat,karena masyarakat dapat memberikan informasi ke Polisi dengan melalui SMS,Informasi kecelakaan dan atau akses langsung ke website yang telah disiapkan.

  • Adapun kegunaan pemetaan GPS dalam bidang tersebut dapat dilihat dalam acara atau kegiatan yang memerlukan pengamanan yang sangat ketat dan serius agar dapat berjalan sebagaimana mestinya.Dalam mengendalikan situasi keamanan yang diinginkan tersebut polisi dapat menggunakan perangkat komunikasi dan komputer terpadu.Ini untuk menjalankan system yang disebut Sistem Pemetaan Cepat berbasis GPS.Dengan sistem ini selain akan mempercepat analisis situasi di pusat pengendali juga dapat meningkatkan kemampuan pengendalian dan koordinasi pusat dengan petugas dilapangan.GPS dapat digunakan sebagai alat navigasi dan penentu posisisuatu obyek dengan menggunakan satelit GPS.

Teknologi yang digunakan terdiri dari:

  • Satelit GPS  sesuai kebutuhan yang berada pada ketinggian 20.000 km di atas permukaan bumi.
  • Alat penerima sinyal GPS yang menyerupai TV mini lengkap
  • Modem

dari uraian dalam diatas dapat disimpulkan bahwa pemetaan dengan system aplikasi yang berbasis Global Positioning System(GPS)yang digunakan dalam pelaksanaan tugas polri dibidang lalu-lintas dan Intelkam serta samapta yaitu sebagai berikut:

  • Sistem aplikasi yang berbasis GPS dapat digunakan dalam bentuk navigasi suatu kendaraan  dilapangan.
  • Dapat digunakan dalam mencari dan mengetahui letak kendaraan dalam patroli yang digunakan oleh petugas dilapangan.
    Dapat digunakan dalam melacak kendaraan yang hilang dalam peristiwa pidana pencurian ranmor.
    Dapat digunakan untuk memetakan wilayah yang perlu diantisipasi oleh petugas yaitu daerah rawan macet.
    Dalam bidang Intelkam dapat digunakan untuk mendeteksi dalam suatu kegiatan atau acara yang memerlukan pengamanan yang ekstra ketat.
  • Dalam bidang samapta dalam kegiatan patroli dapat digunakan untuk mengontrol keberadaan kendaraan patroli petugas sehingga dapat mengawasi dan mengendalikannya.

Kita tidak bisa membangun masa depan untuk generasi mendatang .Tapi kita bisa menyiapkan generasi mendatang untuk masa depan (Franklin D .Roosevelt)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s